Informasi Seputar Master dan Ternak Burung Kicau

Thursday, September 25, 2014

Perawatan Lovebird Jelang Kontes

Jelang kontes, perawatan lovebird akan lebih dikhususkan. Walaupun pada dasarnya perawatannya sama saja seperti perawatan harian. Bedanya perawatan lovebird jelang kontes lebih intens dari biasanya.

Tujuan dilakukannya perawatan ini adalah mempersiapkan burung lovebird supaya memiliki tingkat birahi yang diinginkan dengan stamina yang stabil. Saat kontes, stamina yang stabil dari lovebird sangat penting. Sebab, inilah saat di mana lovebird mengeluarkan banyak sekali energi.

Perawatan lovebird sebelum kontes

Kunci sukses perawatan lovebird jelang kontes adalah dengan mengenal karakter dari masing-masing lovebird yang Anda miliki. Jadi tidak dipukul rata. Tapi secara umum ada pola perawatan dan setelan lovebird jelang kontes, yaitu:

  • H-6 kontes, isolasi burung supaya tidak mendengar atau melihat suara burung lovebird lain.
  • H-3 kontes, pada pakan biji-bijiannya bisa ditambahkan bijian ekstra fooding.
  • H-2 kontes, jika menjemur burung lovebird sebaiknya maksimal 20 menit.
  • Satu jam jelang kontes, berikan kangkung sebagai pakan tambahan.

Nanti ketika Anda membawa burung ke arena kontes, keredong sangkar jangan langsung dibuka. Tetaplah ditutup, sampai tiba giliran lovebird Anda tampil. Perlakuan ini ditujukan supaya burung tidak ikut berkicau sebelum kontes, sehingga mengurangi staminanya nanti. Jika dibuka, ada kemungkinan lovebird Anda akan ikut berkicau.

Para hobiis burung biasanya mengeredong lovebird sekitar seminggu atau 2-3 tiga hari jelang kontes. Tapi perlu diingat, cara ini memerlukan latihan sebelumnya jauh-jauh hari (perawatan harian burung lovebird). Perawatan lovebird jelang kontes dengan pengeredongan ini dikombinasikan dengan latihan terpadu - mulai dari jenis - pola makan, lama - waktu penjemuran, pemberian vitamin, dll.

Harapannya, jika dilakukan pengeredongan burung akan siap lomba. Cara kerjanya seperti sakelar, di mana jika keredong sangkar dibuka, maka suara lovebird akan lantang tanpa hambatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perawatan Lovebird Jelang Kontes

0 comments:

Post a Comment