Informasi Seputar Master dan Ternak Burung Kicau

Monday, November 3, 2014

9 Jenis Lovebird yang Umum Dikenal Manusia


Pada dasarnya, Lovebird merupakan burung yang berasal dari Afrika dan tergolong ke dalam genus Agapornis. Sedikitnya, ada 9 jenis Lovebird yang beredar di pasaran. Antara lain: Madagaskar, Muka Merah, Abisinia, Kerah Hitam, Muka Salem, Kacamata Nyasa, Kacamata Fisher, Kacamata Topeng, dan Kacamata Pipi Hitam. Masing-masingnya akan dijelaskan secara ringkas berikut ini.

Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)

Burung ini juga sering dipanggil juga Kepala Abu-abu, karena bagian bawah kepala, leher, dada, kaki, dan paruh semuanya berwarna abu-abu. Di Indonesia, burung ini sepertinya tidak ditangkarkan lantaran termasuk tipe langka. Habitat aslinya adalah Kepulauan Madagaskar. Karena itu, budidaya lovebird ini tidak akan dijelaskan lebih lanjut.

Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)
Lovebird Muka Merah memiliki nama Latin, Agapornis Pullaria. Lovebird ini dikenali dengan ciri warna merah atau orange di bagian wajah dan dahi. Ini juga tidak ditangkarkan. Alasannya penangkarannya jauh lebih sulit daripada mereka hidup di alam bebas. Habitat aslinya adalah Afrika Tengah dan Barat. Karena itu, kita tidak akan memikirkan akan membudidayakan burung ini.

Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)
Dikenal juga dengan nama Sayap Hitam. Ciri-ciri paling mencolok adalah warna sayapnya sebagian besar hitam dan tubuhnya berwarna hijau kekuningan di bagian bawah. Untuk membedakan betina dan jantan tinggal lihat dari warna lingkaran mata dan dahi. Jantan memiliki lingkaran mata dan dahi berwarna merah dan betina lingkaran mata dan dahinya. Burung ini punya habitat asli Ethiopia.

Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)
Disebut kerah hitam karena ada warna hitam pada bagian leher walaupun terkadang warna hitam itu hanya terlihat sedikit, terutama pada lovebird jantan. Pada bulunya umumnya berwarna hijau dengan bagian punggung berwarna biru. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman sedangkan pada bagian kaki berwarna kuning kehijauan. Perbedaan jantan dan betina. Lovebird jantan, bulu hitam lebih terlihat di bagian tengkuknya, sedangkan lovebird betina terlihat lebih sedikit. Habitat asal banyak ditemukan di Afrika Tengah dan sebagian di Afrika Barat.

Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)
Umumnya, bulu lovebird muka salem berwarna berwarna hijau dan pada tubuh bagian bawah cenderung kekuningan. Dahi, dada dan belakang mata berwarna merah, paruhnya berwarna kuning sedangkan pada sayap bagian bawah berwarna kebiruan dengan kaki berwarna abu-abu. Lovebird muka salem memiliki varian Lovebird Albino dengan bulu putih bermata merah, Lovebird Lutino (bulu kuning bermata merah), Lovebird Cinamon yang berbulu coklat kekuningan, Lovebird Biru yang berwarna biru, Lovebird Golden Cherry dengan bulu kuning keemasan, Lovebird Pied yang memiliki bercak warna pada bulu-bulunya. Perbedaan lovebird jantan dan betina tidak terlihat jelas. Habitat asal Afrika Barat Daya

Lovebird Kacamata Topeng (Agapornis Personata)
Lovebird Kacamata Topeng umumnya berbulu hijau, pada bagian dahi dan pipi depan berwarna hitam kecoklatan. Warna kehitaman terlihat pada bagian kepala sedangkan pada bagian leher dan dada berwarna kuning dengan kaki abu-abu dan bulu ekor berwarna hijau. Dari segi warna, sulit membedakan lovebird betina dan jantan. Habitat asal Tanzania – Afrika

Lovebird Kacamata Fischeri (Agapornis Fischeri)
Lovebird Kacamata Fischeri umumnya berbulu hijau dan lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah. Dahi, pipi dan kerongkongan berwarna oranye, sedangkan bulu kepala bagian bawah berwarna hijau lembut. Warna kuning terdapat pada dada bagian atas dan kerah sekitar leher dengan ekor biru muda. Kaki Lovebird Kacamata fischeri berwarna abu-abu sedangkan paruhnya berwarna merah. Habitat asal Tanzania – Afrika.

Lovebird Kacamata Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)
Lovebird kacamata pipi hitam berbulu hijau dan pada dahi depan berwarna coklat kemerahan. Pada dada bagian atas berwarna oranye lembut dengan ekor hijau dan kaki abu-abu. Lingkar mata berwarna putih sedangkan pada paruh bagian atas terdapat bercak hitam, dan warna hitam terlihat jelas pada bagian pipi. Habitat asal Zimbabwe dan Zambia – Afrika. Negara asal burung jenis lovebird kacamata pipi hitam telah membatasi ekspor lovebird ini sehingga sulit ditemui di pasaran.

Lovebird Kacamata Nyasa (Agapornis Lilianae)
Lovebird kacamata nyasa umumnya berbulu hijau, pada tubuh bagian bawah, dahi dan kerongkongan berwarna oranye dengan mahkota berwarna merah kekuningan. Lingkar mata berwarna putih dengan paruh merah tua, sedangkan kaki berwarna abu-abu. Habitat asal Tanzania, Malawi, dan Mozambique – Afrika.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Jenis Lovebird yang Umum Dikenal Manusia

0 comments:

Post a Comment